FAY'S TIPS

Tips dan Info untuk Keluarga dan Perkembangan Anak

Usus Buntu >> Mengenali Ciri-ciri dan Gejalanya

Usus Buntu >> Mengenali Ciri-ciri dan Gejalanya

By: Admin

A. Pemahaman awal tentang Usus Buntu

Radang usus buntu  atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah appendicitis terjadi ketika  terdapat infeksi yang menyebabkan usus buntu menjadi meradang dan bengkak. Panjang usus buntu sekitar 8 cm, yang terletak di sisi kanan perut di persimpangan dari usus besar dan usus halus. Usus buntu memiliki pangkal yang terbuka dan ujung yang buntu. Nah pada pangkal usus inilah, dapat terjadi penyumbatan  sebagian atau seluruhnya, yang dapat mengarah pada penumpukan bakteri. Penumpukan ini lama kelamaan dapat mengakibatkan infeksi, yang mungkin berujung pada operasi pengangkatan usus buntu (appendectomy).

Menurut buku yang saya baca, radang usus buntu jarang terjadi pada bayi di bawah 1 tahun, tapi usus buntu adalah operasi darurat paling umum di antara anak-anak.

Radang usus buntu adalah suatu kondisi serius tidak jika didiagnosis secara dini. Namun, jika gejalanya tidak terdeteksi karena yang diperkirakan adalah selain usus buntu, misalnya susah buang air besar, dan kemudian terlambat diobati, penumpukan nanah dalam usus buntu yang tersumbat dapat menyebabkan usus buntu pecah.

Nah, Jika anak Anda mengeluh sakit perut selama lebih dari beberapa jam, baringkan dan periksa perutnya. Tekan dengan lembut sekitar 2,5 cm di sebelah kanan, dan tepat di bawah pusar. Nyeri pada tekanan lembut dan rasa sakit yang tajam ketika Anda tiba-tiba mengangkat tangan Anda adalah tanda-tanda khas dari usus buntu. Jika ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Kemudian jika anak Anda susah buang air besar dan Anda menduga itu adalah radang usus buntu, jangan memberinya obat pencahar, karena dapat menyebabkan usus buntu pecah karena usus tersebut sudah meradang. Serta jangan memberikan makanan atau minuman apapun pada anak Anda karena bila diperlukan operasi usus buntu, operasi mungkin tertunda karena anak Anda tidak memiliki perut kosong

B. Gejala atau tanda tanda penyakit usus buntu

Apa sih gejala atau ciri-ciri radang usus buntu?

  • Nyeri pada perut, dimulai di sekitar pusar, kemudian pindah ke perut kanan bagian bawah
  • Suhu naik, namun jarang di atas 37,5 0C
  • Kehilangan nafsu makan
  • Muntah
  • Diare atau sembelit

Apakah saya harus berkonsultasi dengan dokter? Tentu saja, karena penundaan bisa menyebarkan infeksi ke usus. Ketika sampai di dokter (nah ini penting nih), apa yang perlu disampaikan?

  • Sampaikan kapan rasa sakit pada perut anak Anda dimulai dan ada gejala lain apa saja.
  • Bila harus dibawa ke rumah sakit, tanyakan apakah Anda bisa tinggal dengan anak Anda setelah operasi. Kehadiran Anda akan meyakinkan anak Anda dan akan mempercepat kesembuhannya.

Jika telah selesai di operasi, dalam masa penyembuhannya minta anak untuk beristirahat dan makan dengan normal ketika dia pulang dari rumah sakit, biasanya ini sekitar 5 hari setelah operasi. Setelah 3 minggu harusnya anak Anda telah sehat kembali.

Referensi bacaan:

-Dr. Miriam Stoppard. Baby & Child A to Z Medical Handbook. 1992.First Body Press.

ANDA LAGI CARI GAMIS ATAU BAJU MUSLIM ANAK? Klik disini
 photo 468x60_zpsd81d3c69.gif

Tags: , , , , , , ,

2 Responses to “Usus Buntu >> Mengenali Ciri-ciri dan Gejalanya”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>