Anak Terkena Luka Potongan dan Tergores

by: faybudi

Luka akibat terpotong adalah sebuah luka yang mengenai kulit dan jaringan yang berada di bawahnya yang  menyebabkan berdarah. Sedangkan luka tergores adalah luka di mana permukaan kulit tidak benar-benar rusak, tapi terkelupas  sehingga pembuluh darah di bawah permukaan kulit mengeluarkan sedikit darah. Luka terpotong atau tergores yang kecil dapat diobati di rumah dan  harus dibersihkan dan dibalut agar kuman tidak masuk dan menyebabkan infeksi. Balutan yang baik adalah Band-aid atau dapat juga sepotong kasa steril sehingga udara dapat masuk ke dalam luka.

Anda tentu tak ingin anak anda terkena luka seperti ini, namun bila hal tersebut terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan terlebih dahulu. Jika lukanya cukup besar dan mengeluarkan darah, lakukan hal berikut ini:

  1. Dapatkan bantuan medis sesegera mungkin. Bawa anak Anda ke ruang gawat darurat. Sebelum Anda membawanya ke rumah sakit atau ke ruang UGD, tekan dulu luka dengan bantalan yang bersih, atau dapat juga dengan sapu tangan bersih jika Anda tidak memilik yang lain.
  2. Bila anak Anda misalnya terkena pada bagian jarinya. Angkat ke atas jari tersebut, hal ini bermaksud untuk memperlambat aliran darah, sehingga darah tidak banyak keluar. Intinya, usahakan bagian yang terkena luka terpotong ini berada di tempat yang lebih tinggi dari tubuh Anda, sehingga aliran darah akan lebih sedikit. Atau, cara yang paling mudah diantaranya adalah baringkan dahulu anak Anda dan angkat bagian yang terkena luka.
  3. Tempatkan kain steril yang telah dipotong, dan kain tersebut diikat langsung di atas luka untuk menjaga tekanan di atasnya sampai Anda mendapatkan bantuan medis.

Beberapa luka terpotong atau tergores dapat cukup serius dan memerlukan  perhatian medis. Namun, jika luka terjadi yang dalam (akibat gigitan hewan atau cakaran kuku), dapat terkena resiko tetanus atau infeksi lainnya. Jika perdarahan terjadi sangat banyak, anak Anda dapat menderita shock.

Jika lukanya berupa goresan yang kecil, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Pegang daerah yang terkena luka terpotong di bawah air mengalir atau segera cuci dengan sabun dan air atau lotion antiseptik.
  2. Keringkan kulit. Pegang tepi kulit yang terpotong berbarengan dengan pita khusus untuk membantu menyembuhkan luka dengan rapi. Pasang kasa steril, lekatkan dengan pita perekat, jika memerlukannya.
  3. Jika luka terkena di wajah atau sangat besar misalnya akibat jatuh dari bermain sepeda, segera bawa anak Anda ke dokter.

Selanjutnya, konsultasikan dengan dokter Anda segera atau bawa anak Anda ke ruang gawat darurat jika lukanya cukup besar, jika perdarahan terus berlanjut setelah 10 menit ditekan, atau jika luka yang sangat dalam dan berdarah, atau jika luka pada wajah, atau jika luka berupa luka menganga, atau jika ada kotoran atau benda asing pada luka yang tetapi Anda tidak dapat mengeluarkannya, jika terkena luka tusuk yang dalam, atau jika anak Anda sedang bermain di wilayah di mana terdapat binatang kuda dan luka telah terkontaminasi oleh kotoran atau kerikil. Konsultasikan dengan dokter Anda jika setelah satu atau dua hari Anda melihat garis-garis merah memanjang pada luka. Ini bisa menjadi tanda infeksi.

Saat Anda membawa Anak anda ke dokter, ini yang dokter akan lakukan:

  • Dokter akan membersihkan luka dan menjahitnya, jika perlu, di bawah bius lokal. Setiap luka pada wajah akan dijahit untuk meminimalkan resiko .
  • Jika pendarahan tidak berhenti, pembuluh darah mungkin telah terkoyak. Ini akan dijahit dengan dibius terlebih dahulu.
  • Jika ada luka dalam atau luka yang terkontaminasi dengan kotoran, dokter akan menanyakan kepada Anda kapan terakhir kali diberikan suntikan tetanus. Jika ada keraguan, anak Anda akan diberikan suntikan tetanus.
  • Jika ada tanda-tanda infeksi, dokter akan menutupi area tersebut dengan antibiotik. Dia mungkin juga meresepkan antibiotik untuk dimakan untuk membasmi infeksi.

Apa yang bisa saya lakukan untuk membantu?

  • Ganti perban setiap hari.
  • Bila Anda mengganti perban, periksa adanya tanda kemerahan memanjang pada luka. Jika anda melihatnya, hubungi dokter Anda segera.
  • Luka tergores biasanya luas, sehingga perlu dilindungi agar anak Anda tidak menggaruknya. Gunakan kasa kering, dan letakkan di tempat yang luka dengan pita perekat. Perekat jangan terkena luka karena akan menyakitkan bila hendak dilepas .
  • Taruh segenggam garam dalam air mandi anak Anda untuk membersihkan kulit dan membantu menghentikan infeksi.

Leave a reply

required

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>